Langsung ke konten utama

Gegarang Gayo


I. Pendahuluan
Gegarang (Mentha piperita) merupakan tanaman sejenis daun mint yang hidup subur di daratan tinggi Gayo/ Takengon dan Bener Meriah. Tanaman ini masih sangat jarang diteliti di bandingkan tanaman daun mint yang sudah diketahui kandungan senyawa dan jumlah minyak atsirinya.
             Menurut Balittro (1986) Minyak Mentha piperita L. atau peppermint oil merupakan salah satu minyak atsiri yang mengandung menthol. Minyak ini dipakai dalam industri kosmetika dan makanan seperti pasta gigi, permen karet, minyak angin, obat gosok dan sediaan farmasi serta pengharum. Di pasar dunia dikenal beberapa jenis minyak permen antara lain minyak permen asli (true mint) dari M. piperita; minyak menthe kasar (corn oil) atau minyak menthe jepang dari M. arvensis; minyak spearmint dari M. spicata; minyak pennyroyal dari M pulegium dan minyak bergamot dari M.sitrata. Dari berbagai jenis tersebut yang banyak diperdagangkan adalah minyak peppermint, minyak cornmint dan spearmint.
             Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mutu minyak Mentha piperita L. berkaitan dengan fenologi tanaman yang terjadi selama pertumbuhaaanya. Fenologi tanaman meliputi pertumbuhan vegetatif dan reproduktif yang baik, akan menghasilkan pula mutu yang baik, yang dicirikan oleh kadar menthol tinggi dan kadar menthofuran rendah. Pertumbuhan vegetatif dan reproduktif adalah bila tanaman diberi tambahan penyinaran 4 jam mulai umur 30 hari setelah tanam . Pada kondisi ini tanaman tinggi dan tidak rebah, daun lebar dan banyak, jumlah stolon sedikit, jumlah cabang banyak, jumlah ruas banyak, diameter batang lebar, dan tanaman berbunga. Pada kondisi tersebut senyawa-senyawa seperti ß-pinene, limonene, menthofuran, methyl asetat, pulegon, dan isopulegil asetat menjadi lebih rendah. Terhambatnya pembentukan menthofuran dan pilegon karena dehidrasi terpeniol ke terpinolen dan peristiwa reduksi pulegon ke menthon, iso menthon, dan menthol (Tyler et al, 1988).
Dari Latar belakang diatas penting untuk dilakukan penelitian tentang Isolasi senyawa berkhasiat obat dari Tanaman Gegarang (Mentha piperita).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh soal Farmakognosi dan Fitokimia

A. Soal Pilihan Ganda 1.       Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, tidak terkecuali hutan tropisnya yang masih asri dengan berbagai jenis tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat dan telah digunakan secara turun temurun sejak jaman dahulu, yang dipercaya mampu mengobati segala penyakit. Seiring perkembangan teknologi, ditemukan senyawa-senyawa penting pada tumbuhan tersebut diantaranya: Alkaloid yang mempunyai efek fisiologis, steroid, saponin, tannin, terpenoid, flavonoid, dll. Senyawa-senyawa tersebut merupakan: A.Metabolit primer                              D. Metabolit tersier                             B. Metabolit sekunder                         E. Metabolit primer & sekunder C. Metabolit sekunder dan tersier 2.       Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, tidak terkecuali hutan tropisnya yang masih asri dengan berbagai jenis tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat dan telah digunakan secara turun temurun sejak jaman dahulu, yang dipercaya